Pages

FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN






Setelah sebelumnya GPS udah posting artikel tentang Manajemen yaitu Jenis-Jenis Manajemen, kali ini GPS kembali posting tentang Manajemen. Mmmm.... Langsung saja...

Sebelum masuk di pembahasan tentang FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN alangkah baiknya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu Manajemen. Mungkin kata Manajemen sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, dalam kehidupan tentu kita tidak akan pernah terlepas dari manajemen, karena tanpa manajemen yang baik maka hidup kita tidak akan teraarah., bener ga ? hehehe

PENGERTIAN MANAJEMEN
Menurut beberapa ahli
Donelly dkk., 1984
Proses yang dilakukan  oleh satu atau beberapa orang untuk mengkoordinir aktivitas orang lain dalam mencapai hasil-hasil yang tidak dapat dicapai oleh aktivitas seorang diri saja 

Mary Parker Pollet
Manajemen adalah seni menyelesaikan sesuatu melalui aktivitas orang lain.

Jadi pada intinya Manajemen merupakan suatu cara yang memiliki pola tersendiri yang dilakukan oleh satu atau beberapa orang, berkaitan dengan pengaturan fungsi dari dan peranan dari orang lain dalam mencapai hasil-hasil yang tidak dapat dicapai dengan aktifitas seorang diri.

Keberhasilan suatu organisasi, baik itu organisasi formal ataupun informal dan apapun jenisnya, tentu dipengaruhi oleh bagaimana Manajemen dari organisasi tersebut. Dalam kenyataannya berikut adalah FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN dalam suatu organisasi. 


FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
 Fungsi manajemen dapat disingkat P.O.A.C yang artinya adalah
P=PLANNING  Perencanan
O=ORGANIZING Pengorganisasian
A=ACTUATING Pengarahan
C=CONTROLING Pengendalian

PERENCANAAN
Adalah proses dasar yang dilakukan seseorang untuk memilih tujuan yang akan dicapai untuk menentukan bagaimana cara mencapainya.

Perencanaan meliputi:
1.                  Kegiatan apa saja yang perlu dan akan dilaksanakan.
2.                  Bagaimana melakukannya.
3.                  Dengan siapa saja melakukannya.
4.                  Kapan.
5.                  Dimana.
6.                  Dengan anggaran berapa ?

Hasil perencanaan adalah rencana, contoh: repelita, rencana perusahaan.

PENGORGANISASIAN
Adalah suatu proses cara mengatur pekerjaan dan pembaian tugas diantara anggota agar tercapai tujuan organisasi.

Proses pengorganisasian:

1.                  Penentuan tujuan atau sasaran.
2.                  Penentuan kegiatan dan tugas-tugas.
3.                  Pengelompokan kegiatan dan tugas-tugas.
4.        Penugasan kegiatan kepada seseorang yang bertanggung jawab dan melimpahkan wewenang kepadanya.

PENGARAHAN
            Adalah proses menentukan kualifikasi melalui rekruitment (seleksi, pelatihan dan penempatan).  Atau memotivasi orang agar mau bekerja.

PENGENDALIAN ATAU PENGAWASAN
            Adalah kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk menelusuri, menemukan, memeriksa dan meluruskan penyimpangan agar hasil pelaksanaan sesuai dengan rencana.

Kegiatan ini termasuk membuat sistem informasi yang mampu memberikan umpan balik, sehingga dapat diketahui dengan segera oleh atasan, apakah ada penyimpangan atau tidak.

Tahapan pengendalian:
1.                  Menentukan standar dan metode sebagai pedoman pengukuran prestasi/ pelaksanaan kerja.
2.                  Menyelenggarakan pengukuran atas pelaksanaan pekerjaan
3.          Membandingkan hasil pelaksanaan pekerjaan dengan standar dan meneliti serta menentukan sebab-sebab penyimpangan.
4.                  Melakukan tindakan koreksi.



    DOWNLOAD ARTIKEL REFRENSI DALAM BENTUK MS. WORD, KLIK AJA DISINI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang di mengerti atau ada yang perlu di koreksi silahkan komentar, baik berupa pertanyaan ataupun koreksi.