Berdasarkan tingkatan dan bidang/fungsi Manajemen di bagi menjadi 2, yaitu:
I.
Tingkatan/hirarki
- Manajemen
puncak (top management)
- Manajemen menengah (middle level management)
- Manajemen tingkat bawah (lower level management)
Penjelasan:
- Manajer tingkat atas bertanggung jawab terhadap perusahaan secara keseluruhan, bertugas menentukan tujuan, strategi dan kebijakan secara umum, kemudian akan diterjemahkan lebih spesifik oleh manajer dibawahnya. Selanjutnya menentukan kelangsungan hidup organisasi.
- Manajer menengah terdiri atas kelompok manajer yang lebih besar. Tugasnya adalah melaksanakan tujuan, strategi dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh manajer puncak serta mengkoordinasikan dan mengarahkan aktivitas manajer tingkat bawah dan juga karyawan operasional. Contoh: manajer pemasaran, manajer keuangan, dll.
- Manajer tingkat bawah mengawasi karyawan secara langsung. Tugasnya adalah mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan operasional yang dilakukan oleh karyawan. Contoh: pengawas / supervisor.
II. Bidang / fungsi
- Manajer umum
- Manajer fungsional
Penjelasan:
- Manajer umum
bertanggung jawab mengawasi unit tertentu yang mempunyai beberapa bidang
sekaligus. Contoh: divisi
- Manajer fungsional bertanggung jawab terhadap satu aktivitas organisasi tertentu.
Contoh: manajer pemasaran
Tingkat manajemen dan ketrampilan manajemen
- Manajer
puncak lebih membutuhkan ketrampilan konseptual
- Manajer
tengah lebih membutuhkan hubungan manusiawi
- Manajer
operasional lebih membutuhkan ketrampilan teknis
Tugas-tugas manajer
1.
Yang
berkaitan dengan tugas utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan,
pengawasan dan pengambilan keputusan.
2.
Fungsi
atau tugas ketatausahaan (fungsi penunjang)
·
Pencatatan
·
Pengumpulan
data
·
Pengolahan
data
·
Penerimaan,
penyimpanan dan pemeliharaan surat
·
Penerimaan
dan pengamanan informasi
·
Tata
hubungan kantor.
Peran Manajer
1.
Antar
pribadi (interpersonal)
2.
Informasi
3.
Pengambil
keputusan
Kegagalan Manajer
1.
Kurang
mampu dalam menjalankan fungsi manajerialnya
2.
Tidak
mampu mengkoordinir semua sarana manajemen yang tersedia
3.
Tidak
mampu mengelola fungsi penunjang
4.
Tidak
mampu menempatkan perannya dalam kedudukannya sebagai manajer
Untuk download artikel dalam bentuk Ms.Word, KLIK DISINI
Untuk download artikel dalam bentuk Ms.Word, KLIK DISINI
Thanksss
BalasHapusSangat membantu :)