interesting books

JENIS-JENIS MANAJEMEN


Berdasarkan tingkatan dan bidang/fungsi Manajemen di bagi menjadi 2, yaitu:
I.       Tingkatan/hirarki
  1. Manajemen puncak (top management)
  2. Manajemen menengah (middle level management)
  3. Manajemen tingkat bawah (lower level management)

Penjelasan:
  1. Manajer tingkat atas bertanggung jawab terhadap perusahaan secara keseluruhan, bertugas menentukan tujuan, strategi dan kebijakan secara umum, kemudian akan diterjemahkan lebih spesifik oleh manajer dibawahnya.  Selanjutnya menentukan kelangsungan hidup organisasi.
  2. Manajer menengah terdiri atas kelompok manajer yang lebih besar.  Tugasnya adalah melaksanakan tujuan, strategi dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh manajer puncak serta mengkoordinasikan dan mengarahkan aktivitas manajer tingkat bawah dan juga karyawan operasional. Contoh:  manajer pemasaran, manajer keuangan, dll.
  3. Manajer tingkat bawah mengawasi karyawan secara langsung.  Tugasnya adalah mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan operasional yang dilakukan oleh karyawan.  Contoh: pengawas / supervisor.

II.    Bidang / fungsi
  1. Manajer umum
  2. Manajer fungsional

Penjelasan:
  1. Manajer umum bertanggung jawab mengawasi unit tertentu yang mempunyai beberapa bidang sekaligus. Contoh: divisi
  2. Manajer fungsional bertanggung jawab terhadap satu aktivitas organisasi tertentu. Contoh: manajer pemasaran

Tingkat manajemen dan ketrampilan manajemen
  1. Manajer puncak lebih membutuhkan ketrampilan konseptual
  2. Manajer tengah lebih membutuhkan hubungan manusiawi
  3. Manajer operasional lebih membutuhkan ketrampilan teknis

Tugas-tugas manajer
1.             Yang berkaitan dengan tugas utama, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan dan pengambilan keputusan.
2.             Fungsi atau tugas ketatausahaan (fungsi penunjang)
·         Pencatatan
·         Pengumpulan data
·         Pengolahan data
·         Penerimaan, penyimpanan dan pemeliharaan surat
·         Penerimaan dan pengamanan informasi
·         Tata hubungan kantor.

Peran Manajer
1.             Antar pribadi (interpersonal)
2.             Informasi
3.             Pengambil keputusan

Kegagalan Manajer
1.             Kurang mampu dalam menjalankan fungsi manajerialnya
2.             Tidak mampu mengkoordinir semua sarana manajemen yang tersedia
3.             Tidak mampu mengelola fungsi penunjang
4.             Tidak mampu menempatkan perannya dalam kedudukannya sebagai manajer


Untuk download artikel dalam bentuk Ms.Word, KLIK DISINI

1 komentar:

Jika ada yang kurang di mengerti atau ada yang perlu di koreksi silahkan komentar, baik berupa pertanyaan ataupun koreksi.

FeedLangganan Artikel Terbaru BC via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan

Entri Populer