interesting books

Perombakan Senyawa Kompleks dalam Fermentasi

Kali ini GPS mau sedikit bahas tentang Fermentasi nih ya. Mudah-mudahan bermanfaat, kurangnya bisa cari di web lain yang lebih lengkap mungkin :)



Fermentasi ?? Apa sih Fermentasi itu … ??
Dari hasil searching, “Fermentasi merupakan suatu cara untuk mengubah substrat menjadi produk tertentu  yang dikehendaki  dengan  menggunakan  bantuan  mikroba.” Dengan kata lain proses Fermentasi dilakukan dengan melibatkan mikroba dalam aplikasinya. Nah Produk-produk hasil Fermentasi tersebut  biasanya dimanfatkan  sebagai  minuman  atau  makanan.
Selama proses Fermentasi banyak terjadi perombakan yang dialami senyawa kompleks pada produk yang di fermentasi menjadi senyawa sederhana. Seperti pada proses fermentasi pada alkohol,  asam laktat, dan asam cuka pada produk.
1. Fermentasi alkohol
Fermentasi alkohol merupakan suatu reaksi pengubahan glukosa menjadi etanol (etil alkohol) dan karbondioksida. Organisme yang berperan yaitu Saccharomyces cerevisiae (ragi) untuk pembuatan tape, roti atau minuman keras.
Reaksi Kimia:
C6H12O6————> 2 C2H5OH + 2 CO2 + 2 H2O + 2 ATP

2. Fermentasi asam laktat
Fermentasi asam laktat adalah respirasi yang terjadi pada sel hewan atau manusia, ketika kebutuhan oksigen tidak tercukupi akibat bekerja terlalu berat. Di dalam sel otot asam laktat dapat menyebabkan gejala kram dan kelelahan. Laktat yang terakumulasi sebagai produk limbah dapat menyebabkan otot letih dan nyeri, namun secara perlahan diangkut oleh darah ke hati untuk diubah kembali menjadi piruvat.
Reaksi:
C6H12O6  ————>  2  Asam Piruvat————>  2 Asam laktat + 2 ATP

3 Fermentasi asam cuka
Merupakan suatu contoh fermentasi yang berlangsung dalam keadaan aerob. fermentasi ini dilakukan oleh bakteri asam cuka (acetobacter aceti) dengan substrat etanol. Energi yang dihasilkan 5 kali lebih besar dari energi yang dihasilkan oleh fermentasi alkohol secara anaerob.
Reaksi:
C6H12O6  —————> 2C2H5OH———> 2CH3COOH + H2O + 116 kal  (glukosa)

Udah dulu  yee... he.. mudah-mudahan bermanfaat...!! Selanjutnya "Produk Perikanan Hasil Fermentasi"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang di mengerti atau ada yang perlu di koreksi silahkan komentar, baik berupa pertanyaan ataupun koreksi.

FeedLangganan Artikel Terbaru BC via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan

Entri Populer