interesting books

Analisa GPS tentang Beberapa Alasan Kenaikan Harga BBM 22 juni 2013


Dari sumber-sumber yang GPS dapatkan bisa dilihat beberapa alasan pengurangan subsidi BBM atau kenaikan harga BBM. Seperti yang ditegaskan oleh Presiden SBY tentang kenaikan harga BBM, beritanya bisa sobat lihat di berita “Presiden SBY Tegaskan AlasanKenaikan Harga BBM”.
Kali ini GPS coba sedikit berpendapat dan menganalisa dari beberapa alasan berikut ini. 

Alasan yang pertama adalah kebijakan subsidi BBM tidak tepat sasaran yang mengakibatkan tak seberapa orang miskin yang menikmati subsidi itu, seperti yang dikatakan Presiden “Selama ini subsidi BBM justru banyak dinikmati oleh golongan mampu yang tak berhak. Selain itu dengan dikuranginya subsidi BBM maka akan tersedia anggaran untuk membantu rakyat miskin.
Alasan yang kedua adalah harga minyak mentah dunia tahun 2011 mengalami kenaikan, Selain harga minyak dunia yang meningkat dalam laporan yang dibuat Bloomberg Rankings, menggunakan data yang dikompilasikan olehBloomberg, Associates for International Research Inc, Portal Energi Eropa, Dana Moneter Internasional (IMF), dan Badan Enegi Amerika Serikat, Indonesia menempati peringkat 49 dengan harga BBM sebesar US$3,68 per galon (satu galon sama dengan 3,7 liter).

Menurut analisa GPS, alasan yang pertama adalah masalah subsidi BBM yang tidak tepat sasaran selain dari ketidak jelasan dari pemerintah tentang batasan atau indikator masyarakat mana yang berhak mendapat porsi paling banyak menikmati subsidi BBM, juga kesadaran dari masyarakat yang menggunakannya. Menurut GPS bagusnya ada kebijakan khusus tentang penggunaan premium yang tidak bersubsidi bagi pengguna mobil-mobil pribadi dengan merek bergengsi sebagai suatu keharusan seperti hal nya pajak, dengan begitu mungkin subsidi ini bisa tepat sasaran. Tapi melihat kebijakan yang sekarang sudah diambil sepertinya hal tersebut sulit dilakukan atau apalah, yang jelas sekarang harga BBM naik dari Rp4.500 menjadi 6.500, otomatis uang saku kuliah admin kepotong lagi.. hehe
Lanjut ke analisa alasan yang kedua yaitu tentang kenaikan harga minyak dunia. Dari sumber-sumber yang GPS temukan harga minyak mentah dunia naik dari tahun ke tahun,dan pada tahun ini juga mengalami kenaikan. New York, KOMPAS.com - Harga minyak dunia naik pada Selasa (28/5/2013) waktu setempat (Rabu pagi WIB), yang didukung angka kepercayaan konsumen dan harga perumahan di Amerika Serikat yang menguat. Namun sumber berikutnya New York (ANTARA News) - Harga minyak dunia turun pada Senin (10/6/2013), di tengah kekhawatiran baru tentang permintaan minyak mentah China setelah serangkaian data ekonominya mengecewakan. Dengan penurunan ini tidak menjamin kalau tahun berikutnya harga minyak mentah dunia akan kembali menurun bhkan mungkin akan terus melonjak naik.
          Kembali lagi ke subsidi BBM yang tidak tepat sasaran. Dari bandrol harga BBM di Indonesia sebesar US$3,68 per galon (satu galon sama dengan 3,7 liter). Sobat bisa menghitunya, asumsi pemerintah pada APBN 2013 adalah USD 1 adalah Rp 9.300 sedangkan saat ini, USD sudah menembus Rp 9.971. Jika satu gallon seharga US$3,68 maka kita kalikan Rp 9.971 hasilnya Rp. 36.693 lalu kita bagi 3,7 hasilnya Rp. 9.917/liternya. dari harga itu kita mendapat subsidi cukup besar yaitu kurang lebih Rp. 5.500/liternya. Jika subsidi ini tidak tepat sasaran maka kasihan rakyat biasa seperti kita ini, apalagi masih banyak diluar sana masyarakat miskin yang bahkan jarang menggunakan kendaraan bermotor, jangankan seperti itu untuk makanpun sulit sedangkan uang subsidi itu didapat dari uang rakyat juga temasuk mereka.

Kenaikan harga BBM subsidi sudah diumumkan pukul 22..00 WIB malam ini di kantor Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta. Dipastikan harga BBM premium menjadi Rp 6.500/liter dan solar menjadi Rp 5.500/liter.

Bapak Presiden juga bilang masyarakat miskin akan mendapatkan kompensasi atas kenaikan harga BBM ini. Bantuan dan protelsi sosial atau dana kompensasi, ujar Presiden SBY, secara moral wajib diberikan kepada saudara-saudara yang kurang mampu. Pemerintah saat ini telah menyiapkan beberapa bentuk kompensasi, seperti Bantuan Langsung Sementera Masyarakat (BLSM), Beras untuk Masyakarat Miskin (Raskin) yang ditambah, Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditambah anggarannya, beasiswa untuk murid miskin, dan lain-lain.

Kalau ini keputusan yang terbaik semoga bisa menghasilkan yang terbaik, aminnn.

Mudah-mudahan tidak terlalu ngelantur, yang salahnya tolong di ingatkan. ini hanya salah satu bentuk aspirasi sederhana dari seorang mahasiswa biasa. Kalau GPS ditanya setuju atau tidak, bisa dilsimulkan langsung dari tulisannya. semoga bermanfaat.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang di mengerti atau ada yang perlu di koreksi silahkan komentar, baik berupa pertanyaan ataupun koreksi.

FeedLangganan Artikel Terbaru BC via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan

Entri Populer