Diberdayakan oleh Blogger.

Ikan Diskus (Ikan Hias)

Ikan Diskus merupakan jenis ikan air tawar dengan habitat asalnya di daerah lembah Sungai Amazon, Amerika Selatan. Ikan Diskus ditemukan pertama kali oleh Dr. Heckel pada tahun 1840. Ikan Diskus dapat dikategorikan menjadi 3 jenis dilihat dari warnanya yaitu Symphysodon aequifasciata haraldi (the blue variant),  Symphysodon aequifasciata aequifasciata (Green Diskus), dan Symphysodon aequifasciata axelrodi (Brown Diskus). Saat ini budidaya ikan Diskus tumbuh menjadi sebuah industri yang menjanjika, hal ini terjadi karena semakin banyaknya orang yang tertarik untuk memelihara ikan Diskus. Dengan begitu, saat ini banyak usaha dan kegiatan penelitian yang dikerjakan untuk mendapatkan strains baru untuk ikan Diskus. Saat ini ikan Diskus bisa disebut sebagai rajanya dari ikan hia karena keindahan dan ke populerannya sebagai ikan akuarium. Ikan Diskus yang tumbuh dari bibit dan kondisi pertumbuhan yang baik sejak lahir biasanya memiliki bentuk yang sempurna dan keindahan.
Ikan Diskus merupakan ikan yang biasa hidup dengan cara berkelompok (social fish). Di alam bebas sekalipun, ikan Diskus biasanya hidup bersama kelompok besarnya dan sangat sedikit ikan yang mampu belajar.

Ikan Diskus

Dibawah ini adalah beberapa jenis Ikan Diskus yang biasa ditemukan di toko Aquarium.
 1. Hackel Diskus










Ikan Diskus ini merupakan jenis yang paling disukai oleh konsumen untuk di wilayah Asia dan Eropa.  Hackel Diskus memiliki pangsa pasarnya yang masih sedikit, namun yang menjadi daya tarik utamanya ada pada bar ke-5 yang terlihat  jelas.

2. Red Royal Blue












Jenis Red Royal Blue mempunyai corak yang terlihat klasik. Biasanya jenis ini sering menjadi indukan pada saat dilakukan kawin silang. Ikan jenis ini yang banyak dikembangkan di Thailand dan mampu menjadi yang terbaik di jenisnya.
3. White Diamond
Dengan bagian kepala berwarna kuning, warnanya yang unik, putih dan lingkaran mata yang mempunyai putih, White Diamond banyak disukai oleh para peternah untuk wilayah Asia. Jenis ini juga sering dijadikan indukan saat kawin saling.
4. Mozaik Leopard
Jenis ini adalah perkembangan dari Leopard yang terbaru. Mozaik Leopard yang mempunyai corak yang berbentuk menyerupai huruf O ataupun C memiliki harga yang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis Leopard yang biasa.
 5. Snake Skin
Jenis ini bisa dikategorikan kedalam kelompok stripped form. Hal tersebut dikarenakan Snake Skin mempunyai corak garis yang tipis dengan ukuran sekitar 1 mm.  Ikan Diskus ini memiliki jumlah bar sekitar lebih dari 9.
 6. Snake Skin King Cobra

Ikan Diskus jenis Snake Skin ini mempunyai garis dengan warna biru dan membentuk lingkaran-lingkaran yang kecil. Lingkaran-lingkaran kecil tersebut terlihat seperti lubang-lubang yang mempunyai warna cokelat.
7. Leopard Snake











Leopard Snake merupakan masterpiece ikan Diskus. Jenis ini dianggap masterpiece karena jenis diskus ini banyak diburu oleh pecinta diskus seluruh dunia. Selain itu, untuk masalah harga, Diskus jenis ini mempunyai harga yang relatif tinggi.
8. Blue Diamond
Blue Diamond Ikan Hias | Ikan Diskus
Blue diamond mempunyai daya tarik pada warna birunya yang cemerlang dan terlihat sangat indah. Jenis diskus ini selalu menjadi pilihan untuk pecinta diskus wilayah Asia, Eropa, dan Amerika.
9. Golden Marlboro
golden Marlboro Ikan Hias | Ikan Diskus
Jenis ini biasa digunakan untuk menjadi induk dalam perkawinan silang. Golden Marlboro yang baik adalah yang mempunyai corak yang sedikit.
10. San Merah
San Merah Ikan Hias | Ikan Diskus
San Merah merupakan jenis diskus yang sering digunakan oleh breeder untuk mendapatkan keturunan jenis diskus Red Melon.
11. Red Melon
Red Melon Ikan Hias | Ikan Diskus
Daya tarik jenis diskus Red Melon adapada warnanya yang merah seperti water melon atau semangka. Jenis diskus ini sangat diminati oleh pasar ekspor seperti Perancis dan Jepang.

Untuk download artikel dalam bentuk Ms.Word, KILK DISINI 

Sumber: 
perikananindonesia.com
GPS

Penulis : Widi Restu ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Ikan Diskus (Ikan Hias) ini dipublish oleh Widi Restu pada hari Jumat, 24 Agustus 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Ikan Diskus (Ikan Hias)
 
Reaksi: 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika ada yang kurang di mengerti atau ada yang perlu di koreksi silahkan komentar, baik berupa pertanyaan ataupun koreksi.

TEMUKAN GPS.gopenseru di FACEBOOK !!! ^_^

Entri Populer

close