interesting books

Plankton (Pengertian dan Pengelompokan)



               "Plankton" tentunya nama itu sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, apalagi nama itu di gunakan untuk nama dari karakter tokoh di filem kartun Spongebob. tapi apa kalian tau bahwa plankton itu sangat menakjubkan sekali, diantara kita mungkin tidak tahu kalau plakton memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda dan memiliki struktur tubuh yang berbeda satu sama lain. Selain itu plankton juga di bagi kedalam kelompok-kelompok tertentu, misalnya Pengelompokan berdasarkan kemampuan membuat makanan, berdasarkan lama hidup sebagai plankton, dan yang terakhir yaitu berdasarkan ukuran. Nah untuk lebih Jelasnya kita akan bahas di bawah ini.

Sejarah dan Pengertian Plankton
                Plankton pertamakali dikemukakan oleh seorang ilmuan Jerman pada abad ke-19 yang bernama Viktor Hensen : “merupakan Organisme mikroskopis baik hewan maupun tumbuhan yang hidup melayang bebas tidak dapat melawan arus, serta tidak terikat dengan pantai dan dasar”.
Jadi dapat diartikan bahwa plankton merupakan Organisme mikroskopis baik hewan maupun tumbuhan yang hidup melayang bebas tidak dapat melawan arus, serta tidak terikat dengan pantai dan dasar.

Pengelompokan
1. Berdasarkan kemampuan membuat makanan:
  • ·         Fitoplankton
  • ·         Zooplankton
                   Fitoplankton, disebut sebagai organisme autotrof. Organisme Autotrof adalah organisme yang mampu menyediakan/mensintesis makanan sendiri yang berupa bahan organik dari bahan anorganik dengan bantuan energi seperti matahari dan kimia. Komponen autotrof berfungsi sebagai produsen.
Nama fitoplankton diambil dari istilah Yunani, phyton atau "tanaman" dan πλαγκτος ("planktos"), berarti "pengembara" atau "penghanyut" atau "melayang". Sebagian besar fitoplankton berukuran terlalu kecil untuk dapat dilihat dengan mata telanjang. Akan tetapi, ketika berada dalam jumlah yang besar, mereka dapat tampak sebagai warna hijau di air karena mereka mengandung klorofil dalam sel-selnya (walaupun warna sebenarnya dapat bervariasi untuk setiap spesies fitoplankton karena kandungan klorofil yang berbeda beda atau memiliki tambahan pigmen seperti phycobiliprotein). Fitoplankton dapat bersifat toxin jika ada dalam julah terlalu banyak, jika terlalu banyak akan mengakibatkan Gluming mikrosistis. Fitoplankton yang mengandung toxin yaitu Microsystis yang mempunyai toxin yang bernama Microsystin.
                 Zooplankton, adalah kategorisasi untuk organisme kecil yang termasuk protozoa kecil dan metazoa besar.
Nama  zooplankton berasal dari bahasa Yunani yaitu zoon (ζῴον), yang berarti "hewan", dan planktos (πλαγκτός), yang berarti "pengembara" atau "penghanyut" atau "melayang" . zooplankton biasanya terlalu kecil untuk dilihat dengan telanjang mata, tetapi beberapa di antaranya seperti ubur-ubur yang besar bisa di lihat dengan mata telanjang.

2. Berdasarkan lama hidup sbg plankton
  • Holoplankton (seluruh siklus hidup sbg plankton) Contohnya yaitu diatoms, radiolarians,dinoflagellates, foraminifera, amphipods, krill, copepods, dll.
  • Meroplankton (satu/bbrapa stadia sbg plankton)
3. Berdasarkan ukuran
  • Nannoplankton/ultraplankton/ mikroplankton (<10µ, <30µ, <50µ)
  • Netplankton/mesoplankton (<1mm>60µ)
  • Makroplankton/megaplankton/ megaloplankton (> 1mm)
4. Berdasarkan habitat
  • Limnoplankton (di danau)
  • Heleoplankton (di kolam)
  • Potamoplankton (di sungai)
  • Hipalmiroplankton (di air payau)
  • Haliplankton (di laut)



Untuk download artikel dalam bentuk Ms.Word, KLIK DISINI atau DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang di mengerti atau ada yang perlu di koreksi silahkan komentar, baik berupa pertanyaan ataupun koreksi.

FeedLangganan Artikel Terbaru BC via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan

Entri Populer