Setelah sebelumnya GPS udah posting artikel tentang Manajemen yaitu Jenis-Jenis Manajemen, kali ini GPS kembali posting tentang Manajemen. Mmmm.... Langsung saja...
Sebelum masuk di pembahasan tentang FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN alangkah baiknya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu Manajemen. Mungkin kata Manajemen sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, dalam kehidupan tentu kita tidak akan pernah terlepas dari manajemen, karena tanpa manajemen yang baik maka hidup kita tidak akan teraarah., bener ga ? hehehe
PENGERTIAN MANAJEMEN
PENGERTIAN MANAJEMEN
Menurut beberapa ahli
Donelly dkk., 1984
Proses yang dilakukan
oleh satu atau beberapa orang untuk mengkoordinir aktivitas orang lain
dalam mencapai hasil-hasil yang tidak dapat dicapai oleh aktivitas seorang diri
saja
Mary Parker Pollet
Manajemen adalah seni
menyelesaikan sesuatu melalui aktivitas orang lain.
Jadi pada intinya Manajemen merupakan suatu cara yang memiliki pola tersendiri yang dilakukan oleh satu atau beberapa orang, berkaitan dengan pengaturan fungsi dari dan peranan dari orang lain dalam mencapai hasil-hasil yang tidak dapat dicapai dengan aktifitas seorang diri.
Keberhasilan suatu organisasi, baik itu organisasi formal ataupun informal dan apapun jenisnya, tentu dipengaruhi oleh bagaimana Manajemen dari organisasi tersebut. Dalam kenyataannya berikut adalah FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN dalam suatu organisasi.
FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
Fungsi manajemen dapat disingkat P.O.A.C yang artinya adalah
P=PLANNING Perencanan
O=ORGANIZING
Pengorganisasian
A=ACTUATING
Pengarahan
C=CONTROLING
Pengendalian
PERENCANAAN
Adalah proses dasar yang dilakukan seseorang untuk memilih tujuan
yang akan dicapai untuk menentukan bagaimana cara mencapainya.
Perencanaan
meliputi:
1.
Kegiatan
apa saja yang perlu dan akan dilaksanakan.
2.
Bagaimana
melakukannya.
3.
Dengan
siapa saja melakukannya.
4.
Kapan.
5.
Dimana.
6.
Dengan
anggaran berapa ?
Hasil
perencanaan adalah rencana, contoh: repelita, rencana perusahaan.
PENGORGANISASIAN
Adalah suatu proses cara mengatur pekerjaan dan
pembaian tugas diantara anggota agar tercapai tujuan organisasi.
Proses pengorganisasian:
1.
Penentuan
tujuan atau sasaran.
2.
Penentuan
kegiatan dan tugas-tugas.
3.
Pengelompokan
kegiatan dan tugas-tugas.
4. Penugasan
kegiatan kepada seseorang yang bertanggung jawab dan melimpahkan wewenang
kepadanya.
PENGARAHAN
Adalah proses menentukan
kualifikasi melalui rekruitment (seleksi, pelatihan dan penempatan). Atau memotivasi orang agar mau bekerja.
PENGENDALIAN ATAU PENGAWASAN
Adalah kegiatan yang
dilakukan secara sistematis untuk menelusuri, menemukan, memeriksa dan
meluruskan penyimpangan agar hasil pelaksanaan sesuai dengan rencana.
Kegiatan ini termasuk membuat sistem informasi yang mampu memberikan umpan
balik, sehingga dapat diketahui dengan segera oleh atasan, apakah ada penyimpangan
atau tidak.
Tahapan pengendalian:
1.
Menentukan
standar dan metode sebagai pedoman pengukuran prestasi/ pelaksanaan kerja.
2.
Menyelenggarakan
pengukuran atas pelaksanaan pekerjaan
3. Membandingkan
hasil pelaksanaan pekerjaan dengan standar dan meneliti serta menentukan
sebab-sebab penyimpangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jika ada yang kurang di mengerti atau ada yang perlu di koreksi silahkan komentar, baik berupa pertanyaan ataupun koreksi.