interesting books

Teknik Dehidrasi dan Penggaraman Penanganan Hasil Perikanan





Yooo..! Genkideska ?
kali ini GPS dapet pertanyaan tentang Teknik Dehidrasi yang dipakai di Perikanan sama Perbedaan Teknik Penggaraman Sistem Kering dan Kench. Langsung aja kita bahas. !

Apa itu teknik dehidrasi dan seperti apa penerapannya dalam perkanan ??
       Dehidrasi adalah pengurngan kadar air dalam bahan pangan (ikan) sampai konsentrasi yang dapat menghambat aktivitas dan pertumbuhan mikroba. Ikan mengandung kadar air 60- 80 persen. Dengan kandungan air demikian, ikan merupakan bahan pangan yang mudah mengalami proses pembusukan. Contohnya pada Pengasapan dan Pembuatan Ikan asin dengan cara di jemur di bawah sinar matahari.

Lanjut ke pertanyaan kedua---> :)

Apa perbedaan utama antara penggaraman sitim kering dan kench ?

          Pada dasarnya, teknik penggaraman Kench sama dengan pengaraman kering (dry salting) akan tetapi pada penggaraman Kench tidak mengunakan bak /wadah penyimpanan seperti halnya pada penggalaman kering (dry salting). Pada system Kench ikan yang telah disiangi dicampur dengan garam dan dibiarkan diatas lantai atau geladak kapal, larutan air yang terbentuk dibiarkan mengalir dan terbuang, sedangkan pada penggaraman kering (dry salting) ikan yang telah disiangi ditempatkan didalam wadah yang kedap air. Ikan disusun rapi dalam wadah selapis demi selapis dengan setiap lapisan ikan ditaburi garam. Lapisan paling atas dan paling bawah wadah merupakan lapisan garam. Garam yang digunakan pada proses penggaraman umumnya berjumlah 10 % - 35 % dari berat ikan yangdigarami. Pada waktu ikan bersentuhan dengan kulit / daging ikan (yang basah/berair), garam itu mula-mula akan membentuk larutan pekat. Larutan ini kemudian akan meresap kedalam daging ikan melalui proses osmosa. Jadi, kristal garam tidak langsung menyerap air, tetapi terlebih dahulu berubah jadi larutan. Semakin lama larutan akan semakin banyak dan ini berarti kandungan air dalam tubuh ikan semakin berkurang. Kelemahan dari cara ini adalah memerlukanjumlah garam yang lebih banyak dan proses penggaraman berlangsung sangat lambat.

Hmm~ mungkin itu, selebihnya mungkin bisa sobat GPS tambahin. semoga bermanfaat..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang di mengerti atau ada yang perlu di koreksi silahkan komentar, baik berupa pertanyaan ataupun koreksi.

FeedLangganan Artikel Terbaru BC via Email

» Cek Email Anda untuk konfirmasi berlangganan

Entri Populer